-
00:00:00

Pembukaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lilalamin (P5P2RL)

  • Senin, 06 Maret 2023
  • berita, kegiatan
  • Administrator
  • 647

Perubahan besar yang terjadi dalam dunia pendidikan yaitu dengan adanya perubahan kurikulum. Pemerintah menjadikan kurikulum merdeka sebagai  pilihan kurikulum yang dapat dilaksanakan di sekolah/madrasah. Mengingat Kemdikbudristek masih perlu melakukan sosialisasi. Sehingga, saat ini  kurikulum merdeka belum wajib diterapkan di semua sekolah/madrasah.

Kemdikbudristek sedang melakukan upaya perubahan kurikulum untuk mengatasi masalah yang ada. Dijelaskan juga bahwa, tidak ada kriteria khusus bagi satuan pendidikan yang ingin menerapkan kurikulum merdeka. Sehingga penerapan kurikulum merdeka ini dilakukan secara bertahap. Sejalan dengan hal tersebut, MTs Negeri 1 Bandung secara bertahap melaksanakan kurikulum merdeka.

Salah satu bentuk konkrit pelaksanaan tersebut adalah dengan malaksanakan pekan P5P2RL.  Pelaksanaan pekan P5P2RL ini berlansung mulai tanggal 6-17 Maret 2023 di lingkungan kampus MTs Negeri 1 Bandung. Pekan projek ini mengusung tema Suara Demokrasi dengan Sub tema “Bismillah, Ku Pilih Kau menjadi Pemimpin Kami.”

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pekan P5P2RL di MTs Negeri 1 Bandung ini diharapkan peserta didik berproses melalui pengalaman belajarnya untuk mencapai dua dimensi profil pelajar pancasila yaitu berkebhinekaan global dengan elemen berkeadilan sosial dan bernalar kritis dengan elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya, refleksi, pemikiran, dan proses belajar. Sedangkan untuk dimensi profil pelajar rahmatan lilalamin peserta didik diharapkan mencapai dua dimensi yaitu keteladan (qudwah) dan musyawarah (syura).

Kreasi Tari Siswa

Pembukaan pekan P5P2RL ini dibuka oleh Bapak Kepala MTs Negeri 1 Bandung, Bapak Dr. H. Yayat Sudrajat, S. Ag., M.M.Pd. Dihadiri oleh seluruh tenaga kependidikan dan seluruh peserta didik kelas VII, VIII, dan IX. Inti Kegiatan projek bertema suara demokrasi ini adalah pemilihan ketua OSIS MTs Negeri 1 Bandung periode 2023-2024. Dan untuk memeriahkan kegiagiatan ini, panitia menampilkan persembahan pentas kreasi seni dari perwakilan siswa.

 

Kontributor: Dewi Komalawati

KOMENTARI TULISAN INI

POS TERKAIT